Tari Tor-Tor Diklaim Malaysia?

Senin, 18 Juni 2012

    Lagi-lagi nih denger kebudayaan Indonesia yang diklaim oleh negara tetangga.Setelah liat di acara berita salah satu stasiun TV swasta tadi petang langsung aja ane cari beritanya lagi di internethttp://www.emocutez.com.Menurut  news.detik.com yang ane baca,yang mengusulkan Tari Tor-Tor diakui oleh pemerintah Malaysia adalah komunitas warga Mandailing yang tinggal sudah lama disana.
    Memang disana terdapat juga orang Mandailing seperti yang tinggal di Indonesia. Mereka tersebar mulai dari wilayah Perak, Selangor, Negeri Sembilan, hingga Kuala Lumpur. Keturunan Mandailing dari marga Nasution dan Siregar bahkan banyak yang menjadi pejabat di pemerintahan Malaysia.Kata salah satu komunitas warga Mandailing yang ada disana mereka ingin kebudayaan Mandailing juga diangkat dan dilestarikan disana dengan alasan bahwa mereka juga warga Mandailing.Hmm,jadi seperti kesenian barongsai yang dulu dilarang di Indonesia tetapi boleh di tampilkan kembali semasa pemerintahan Gus Dur,tetapi kesenian itu bukan berarti milik Indonesia hanya sebatas kebudayaan saja.
    Hmm,trus gimana nih reaksi dari warga Mandailing yang ada di tanah air?Bolehkah pemerintah Malaysia  memasukkan Tarian Tor Tor dalam akta warisan negara Malaysia?Trus bagaimana reaksi dari pemerintah Indonesia sendiri?dalam media sosial seperti twitter sempat jadi trending topic world widehttp://www.emocutez.com.Haha jadi inget nih pelajaran waktu SD kelas 3 ketika disuruh menyebutkan tarian dari Sumatera Utarahttp://www.emocutez.com.Trus gambar poster yang ada di dinding kelas yang gambarnya tarian tarian di nusantara.Jadi setau ane 
Tari Tor Tor itu asalnya dari Sumatera Utara bukan dari daerah lain hha.

Terima kasih kunjungannyahttp://www.emocutez.com

0 komentar:

Posting Komentar

Pengunjung Hari Ini

Diberdayakan oleh Blogger.